KISI-KISI SAS SEMESTER GANJIL KELAS 4 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
KISI-KISI SOAL
Nama Sekolah: SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas: 4 (Empat)
Mata Pelajaran: Bahasa Arab
Semester/Tahun Ajaran: Ganjil/ 2025-2026
KOMPETENSI DASAR
Siswa mampu memahami, mengenal, dan menggunakan kosakata Bahasa Arab dalam tema alamat, profesi dan tempat bekerja, nama-nama tempat, serta penggunaan isim dhomir dalam kalimat sederhana.
MATERI POKOK & INDIKATOR SOAL
1. Alamat (اَلْعُنْوَانُ)
Kosakata:
- عُنْوَانٌ (Alamat)
- شَارِعٌ (Jalan)
- رَقْمُ الْبَيْتِ (Nomor rumah)
- بَيْتٌ (Rumah)
Angka dalam Bahasa Arab (1-20):
- ١ (وَاحِدٌ), ٢ (اِثْنَانِ), ٣ (ثَلَاثَةٌ), ٤ (أَرْبَعَةٌ), ٥ (خَمْسَةٌ)
- ٦ (سِتَّةٌ), ٧ (سَبْعَةٌ), ٨ (ثَمَانِيَةٌ), ٩ (تِسْعَةٌ), ١٠ (عَشَرَةٌ)
- ١١ (أَحَدَ عَشَرَ), ١٢ (اِثْنَا عَشَرَ), ١٣ (ثَلَاثَةَ عَشَرَ), ١٤ (أَرْبَعَةَ عَشَرَ), ١٥ (خَمْسَةَ عَشَرَ)
- ١٦ (سِتَّةَ عَشَرَ), ١٧ (سَبْعَةَ عَشَرَ), ١٨ (ثَمَانِيَةَ عَشَرَ), ١٩ (تِسْعَةَ عَشَرَ), ٢٠ (عِشْرُوْنَ)
Indikator Soal:
- Siswa dapat menerjemahkan kosakata tentang alamat dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia
- Siswa dapat menyebutkan angka 1-20 dalam Bahasa Arab
- Siswa dapat menulis angka Arab (١ - ٢٠)
- Siswa dapat melengkapi kalimat sederhana tentang alamat
- Siswa dapat membaca alamat lengkap dalam Bahasa Arab
2. Profesi dan Nama Tempat Bekerjanya (اَلْمِهَنُ وَأَمَاكِنُ الْعَمَلِ)
Kosakata Profesi:
- مُدَرِّسٌ / مُدَرِّسَةٌ (Guru laki-laki/perempuan)
- مُوَظَّفٌ / مُوَظَّفَةٌ (Pegawai)
- شُرْطِيٌّ (Polisi)
- جُنْدِيٌّ (Tentara)
- فَلَّاحٌ (Petani)
- صَيَّادٌ (Nelayan)
- خَيَّاطٌ (Penjahit)
- تَاجِرٌ (Pedagang)
- بَائِعٌ (Penjual)
- مُدِيْرُ الْمَدْرَسَةِ (Kepala Sekolah)
- عَامِلٌ (Karyawan)
- طَيَّارٌ (Pilot)
- مُهَنْدِسٌ مِعْمَارِيٌّ (Arsitek)
- صَحَفِيٌّ (Wartawan)
- طَبِيْبٌ / طَبِيْبَةٌ (Dokter)
Indikator Soal:
- Siswa dapat menerjemahkan nama-nama profesi dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia
- Siswa dapat menerjemahkan nama-nama profesi dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab
- Siswa dapat mencocokkan profesi dengan tempat bekerjanya
- Siswa dapat melengkapi kalimat tentang profesi seseorang
- Siswa dapat membedakan profesi laki-laki dan perempuan
3. Nama-Nama Tempat (أَسْمَاءُ الْأَمَاكِنِ)
Kosakata:
- مَدْرَسَةٌ (Sekolah)
- مَكْتَبَةٌ (Perpustakaan)
- مَسْجِدٌ (Masjid)
- مَكْتَبٌ (Kantor)
- سُوْقٌ (Pasar)
- دُكَّانٌ (Toko)
- مُسْتَشْفَى (Rumah Sakit)
- فَصْلٌ (Kelas)
- مَلْعَبٌ (Lapangan)
Indikator Soal:
- Siswa dapat menerjemahkan nama-nama tempat dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia
- Siswa dapat menerjemahkan nama-nama tempat dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab
- Siswa dapat mengidentifikasi gambar tempat dengan nama Arabnya
- Siswa dapat membuat kalimat sederhana menggunakan nama tempat
- Siswa dapat menghubungkan aktivitas dengan tempatnya
4. Penggunaan Isim Dhomir (اَلضَّمَائِرُ)
Kosakata:
Isim Isyarah (Kata Tunjuk):
- هَذَا (hadza - ini untuk mudzakkar/laki-laki, dekat)
- هَذِهِ (hadzihi - ini untuk muannats/perempuan, dekat)
- ذَلِكَ (dzalika - itu untuk mudzakkar, jauh)
- تِلْكَ (tilka - itu untuk muannats, jauh)
Dhomir Munfashil (Kata Ganti Terpisah):
- أَنَا (ana - saya)
- أَنْتَ (anta - kamu laki-laki)
- أَنْتِ (anti - kamu perempuan)
- هُوَ (huwa - dia laki-laki)
- هِيَ (hiya - dia perempuan)
Huruf Jar dan Istifham:
- فِي (fi - di)
- إِلَى (ila - ke)
- مَا (ma - apa)
- مَنْ (man - siapa)
Indikator Soal:
- Siswa dapat menggunakan isim isyarah yang tepat sesuai konteks
- Siswa dapat membedakan penggunaan hadza dan hadzihi
- Siswa dapat membedakan penggunaan dzalika dan tilka
- Siswa dapat menggunakan dhomir munfashil dalam kalimat
- Siswa dapat menggunakan huruf jar (fi, ila) dengan benar
- Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan ma dan man
- Siswa dapat melengkapi kalimat dengan isim dhomir yang tepat

Komentar
Posting Komentar